Intip Kerajinan Sunda Asal Sukabumi, Asli Warisan Para Leluhur Tatar Pasundan

- Selasa, 24 Januari 2023 | 21:49 WIB
Kerajinan Sunda Asal Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia  (Facebook : Deni Firmansyah)
Kerajinan Sunda Asal Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia (Facebook : Deni Firmansyah)

HALLO SUKABUMI- Suku Sunda yang didalamnya terdapat Urang Sunda, Aksara Sunda, merupakan sekelompok etnis yang berasal dari bagian barat pada pulau Jawa, Indonesia.

Istilah lain sebutan untuk orang Sunda yaitu Tatar Pasundan, yang dimana masyarakatnya memiliki sifat optimistis, ramah, sopan, riang, dan bersahaja.

Selain itu, jati diri yang mempersatukan orang sunda adalah bahasa dan budayanya, serta orang Sunda memiliki ciri khas tersendiri salah satunya seperti kerajinan yang terbuat dari bambu.

Baca Juga: 20 Singkatan Nyentrik, Nama Daerah di Kabupaten Sukabumi, Ada Singkatan Cibuntu Juga, Gak Percaya! Cek Disini

Kerajinan yang menjadi icon sunda, sampai saat ini masih dilestarikan, salah satunya seperti Kang Beni Firmansyah salah satu pengrajin asal Sukabumi.

Ada banyak kerajinan karya seni yang dibuatnya, seperti cincin, gelang, cangkir, lukisan dan kerajinan lainnya.

Untuk melestarikan kerajinan ini tidaklah mudah, salah satu yang menjadi support penting dalam mengangkat dan melestarikan warisan para leluhur haruslah dibarengi peran aktif Pemerintah dan masyarakat yang mulai melirik karya anak bangsa.

Baca Juga: Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Sukabumi Punya Objek Wisata KARANG KONTOL, Tempatnya Disini

Buat yang berjiwa Sunda, tidak perlu khawatir, bisa dapatkan produk kerajinan langsung ketangan pengrajinannya, yakni melalui link berikut ini KLIK DISINI

Halaman:

Editor: Supandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X