Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Kembangkan Ikan Sidat di Wilayah CPUGGp

- Senin, 23 Januari 2023 | 12:24 WIB
Kabupaten Sukabumi kembangkan Ikan sidat (Poto Istimewa )
Kabupaten Sukabumi kembangkan Ikan sidat (Poto Istimewa )

HALLO SUKABUMI - Kabupaten Sukabumi memiliki potensi pasar ikan sidat yang menjanjikan, seperti yang dilakukan oleh Dinas Perikanan pada wilayah sekitaran CPUGGp di Sukabumi terkait pengembangan tersebut.

Ikan sidat atau nama ilmiahnya adalah Anguilliformes merupakan salah satu ikan yang dimana memiliki postur tubuh ramping serta memanjang.

Seperti dikutip hallo sukabumi dari wikipedia, Ikan sidat ini terdiri dari atas 4 subordo, 19 family, 110 genera, dan 400 spesies, dimana ikan sidat ini akan tumbuh pada fase dewasa di laut.

Baca Juga: Jadwal Imsak Puasa Bulan Rajab Untuk Wilayah Kabupaten Sukabumi dan Sekitarnya

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati mengataka, Mandarjaya Nusanatara merupakan salah satu Kelompok Masyarakat Konservasi (Pokmasi) sebagai binaan Dinas Perikanan yang consern terhadap pengembangan budidaya ikan sidat.

" Sejak tahun 2018 mereka telah membudidayakan ikan sidat dari fase Glass eel sampai dengan ukuran layak konsumsi. Ikan sidat hasil produksi kelompok ini dijadikan sebagai salah satu makanan khas yang disediakan untuk para wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah" jelas Kadis Perikanan, Nunung Nurhayati.

Harapan Kadis terhadap pengembangan budidaya ikan sidat, tak lain sebagai salah satu tumbuhnya perekonomian terhadap masayarakat.

Baca Juga: Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Sukabumi Punya Objek Wisata KARANG KONTOL, Tempatnya Disini

" Dinas Perikanan berencana akan mulai mengembangkan lagi budidaya ikan sidat di daerah ini dengan harapan akan memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat, menjamin konservasi jenis ikan sidat dan juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat luas" tambah Nunung

Halaman:

Editor: Supandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X