Download Aplikasi Super, Pemkot Sukabumi Siap Terima Aduan Masyarakat Supaya Lebih Baik Lagi

- Senin, 22 Mei 2023 | 09:06 WIB
Aplikasi Super Sukabumi, tampung Keluhan Masyarakat (Aplikasi Super)
Aplikasi Super Sukabumi, tampung Keluhan Masyarakat (Aplikasi Super)

HALLO SUKABUMI - Dengan tersedianya pengaduan masayarakat di Kota Sukabumi, masayarakat lebih mudah untuk menyampaikan aspirasinya melalui aplikasi Super yang sudah tersedia di Google Playstore.

Perlu diketahui, sepanjang bulan April 2023, ada 38 aduan yang diterima oleh Pemerintah (Pemkot) Sukabumi, aduan tersebut masuk pada aplikasi Sukabumi Participated Responder (Super) berjumlah 26 aduan dan sisanya berjumlah 12 masuk lewat e-paper.

“Sepanjang April 2023, Pemkot terima aduan dari masyarakat baik itu melalui Super dan e-lapor sebanyak 38 aduan,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi, pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi, Tantan Sontani, seperti dikutip hallo sukabumi dari radar sukabumi pada Senin, 22 Mei 2023.

Baca Juga: Lirik Sholawat Antassalam, Begitu Indah dan Banyak Renungan, Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan

Tantan juga mengungkapkan bahwa terjadi penurunan terkait aduan masyarakat dengan tahun sebelumnya, aduan pada tahun 2022 tercatat ada 58 yang masuk dianataranya, dari aplikasi Super tercatat 35 aduan, dan 23 aduan melalui e-lapor.

“Terjadi angka penurunan itu, bisa saja salah satunya disebabkan sebagaian besar keluhan masyarakat sudah terfasilitasi oleh Pemkot, atau masih banyak masyarakat yang belum tahu keberadaan kanal tersebut. Tapi yang jelas harus dilakukan survei,” ungkapnya.

Berikut ini merupakan aduan dari Masyarakat yang diterima oleh Pemkot Sukabumi, Tantan menjelaskan bahwa ada beberapa ajuan yang disampaikan oleh masyarakat baik melalui Aplikasi Super, maupun e-paper adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Pemkot Sukabumi Bentuk Tim Siber CSIRT, Sebagai Penanganan Kerawanan Sistem Web Pemerintah

Fasilitas umum, Ketertiban, dan sosial. Seperti, Penerangan Jalan Umum (PJU) dan perbaikan jalan, dan yang paling banyak mendapatkan aduan SKPD yakni Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata ruang (DPUTR).

“Jadi, yang sering atau banyak diadukan di april 2023 ini, yakni Dishub dengan 13 aduan, dan DPUTR sebanyak 7 aduan,” jelasnya.

Dalam hal ini, pihaknya terus mengajak kepada masayarakat agar bisa maksimalkan memanfaatkan Aplikasi Super dan e-Lapor dalam menyampaikan keluhannya agar tercipta Sukabumi lebih baik lagi.

Baca Juga: Masyarakat Tak Lagi Ribet dan Mahal Urus Dokumen Pertanahan, BPN Sukabumi Luncurkan Inovasi Baru

“Artinya, daripada mengeluh di media sosial, lebih baik sampaikan langsung keluhannya di aplikasi Super Kota Sukabumi ataupun E-Lapor, agar dapat langsung ditangani oleh dinas terkait,” ucapnya.

Sebagai informasi, Dia mengatakan bahwa aplikasi Super merupakan program unggulan Wali Kota Achmad Fahmi, dan Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami. Diskominfo dalam hal ini berperan sebagai admin untuk meneruskan setiap aduan dari masyarakat yang masuk SKPD yang dimaksud.***

Halaman:

Editor: Supandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X