Pemkot Sukabumi Bentuk Tim Siber CSIRT, Sebagai Penanganan Kerawanan Sistem Web Pemerintah

- Minggu, 21 Mei 2023 | 12:42 WIB
Pemkot Sukabumi luncurkan tim Tim Sukot-CSIRT sebagai penanganan insiden Siber (Pexels )
Pemkot Sukabumi luncurkan tim Tim Sukot-CSIRT sebagai penanganan insiden Siber (Pexels )

HALLO SUKABUMI - Baru-baru tengah menjadi perbincangan hangat soal kelompok hacker yang mengkalim mencuri data Bank BSI, hal demikian membuat gaduh berbagai instansi.

Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, Jawa Barat, mewaspadai terjadinya serangan tersebut terhadap situs atau web milik pemerintah, dalam hal ini, Pemkot Sukabumi membentuk sebuah Tim dengan sebutan Siber Computer Security Incident Response Team (Tim Sukot–CSIRT).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi Rahmat Sukandar mengatakan, untuk mewaspadai terjadinya hal yang tidak diinginkan Tim Sukot-CSIRT dibentuk berdasarkan Keputusan Wali Kota Sukabumi, Nomor 122 Tahun 2022.

Baca Juga: Masyarakat Tak Lagi Ribet dan Mahal Urus Dokumen Pertanahan, BPN Sukabumi Luncurkan Inovasi Baru

“Sesuai keputusan tersebut, tim ini memiliki fungsi utama dalam memberikan peringatan terkait keamanan siber dan penanganan insiden siber,” kata Rahmat, yang menjadi ketua Tim Sukot-CSIRT, pada Jumat, 19 Mei 2023 kemarin.

Dia menambahkan, bahwa fungsi daripada Tim Sukot-CSIRT itu bertujan sebagai layanan yang bersifat reaktif yang meliputi penanganan kerawanan sistem.

Lanjuta Rahmat mengatakan bahw Bidang Statistik, Persandian, dan Keamanan Informasi (Stadiksi) Diskominfo bertindak sebagai agen penanggulangan dan pemulihan insiden.

Baca Juga: Bocah Kelas 2 SD di Sukabumi Meninggal Dunia, Diduga Adanya Pengeroyokan Oleh Teman dan Kakak Kelasnya

Sementara itu, untuk bidang Aplikasi dan Informatika, diskominfo berperan sebagai agen penanganan insiden.

Perlu diketahui, keputusan wali kota, menurut Dia disebuatkan, para pengelola teknologi informasi di daerah pemkot Sukabumi akan dilibatkan sebagai perangkat agen dengan tujuan penanganan insiden di tingkat daerah.

Kepala Bidang Stadiksi Diskominfo Kota Sukabumi Eneng Rahmi mengatakan, keterlibatan Tim Sukot-CSIRT itu berada di Dikominfo, untuk perangkat daerah lain berada di lingkungan Pemkot Sukabumi sebagai penunjang tim.

Baca Juga: Warga Bandingkan Ketebalan Perbaikan Jalan Aspal dengan Gorengan Bala-bala di Sukabumi

Menurut Eneng, dalam proses optimalisasi masih terkendala sejumlah hal dari Tim Sukot-CSIRT, yakni pergantian personel di beberapa perangkat daerah. “Terus juga masih belum terlalu paham,” kata Eneng.

Eneng juga mengatakan, bahwa perlu adanya sosialisasi lebih intensif lagi, agar peran dari Tim Sukot-CSIRT yang sudah terbentuk sejak tahun 2022 itu berjalan optimal dan efektif.***

Halaman:

Editor: Supandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X