Amalan-Amalan Pada Bulan Muharram Untuk Penghapus Dosa dan Penolong di Hari Kiamat

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 17:39 WIB

HALLO SUKABUMI - Inilah amalan-amalan pada bulan Muharram untuk penghapus dosa dan penolong di Hari Kiamat sesuai yang di anjurkan Rasulullah.

Sudah kita ketahui bahwa hari ini adalah 1 Muharram dan sesuai sunnah penting untuk diketahui dan biasanya semua umat muslim merayakan 1 Muharram dengan acara pengajian atau lainnya.

Dalam Kalender Umat Muslim secara Global menetapkan bahwa Tahun baru Islam 1444 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022 tepatnya hari ini. Dan perlu di ketahun bahwasannya Bulan Muharram itu adalah salah satu dari empat bulan mulia (haram) dalam agama Islam.

Baca Juga: Keutamaan di Bulan Muharram Juga Dilengkapi Dengan Jadwal dan Niat Puasa Muharram

Bulan pembuka kalender Qomariah itu juga dikenal sebagai  Syahrullah atau Bulan Allah. Maka dari itu, tidak heran jika terdapat banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Muharram. 

Amalan Bulan Muharram sesuai yang di anjurkan Rasulullah :

1. Menjalankan Puasa Muharram
Terdapat 3 macam puasa sunnah yang bisa dikerjakan di bulan Muharram. Amalan sunnah tersebut adalah Puasa Muharram (mulai tanggal 1), Puasa Tasu'a (tanggal 9), dan Puasa Asyura (tanggal 10).

Secara khusus, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan keutamaan puasa asyura. Yang masyhur adalah dapat menghapus dosa selama setahun.

سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

“Rasulullah ditanya mengenai puasa asyura, beliau menjawab, “Puasa Muharram bisa menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

Halaman:

Editor: Anggry'an HS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Link Soal Jawaban Matematika kelas 10, Cek Disini

Minggu, 7 Agustus 2022 | 06:31 WIB
X