Hari Lahir Dapat Menentukan Watak Seseorang? Begini Penjelasannya Menurut Primbon Sabda Amerta

- Selasa, 28 Juni 2022 | 23:01 WIB
Hari Lahir Menentukan Watak Seseorang Menurut Primbon (Pixabay)
Hari Lahir Menentukan Watak Seseorang Menurut Primbon (Pixabay)

HALLO SUKABUMI - Istilah Primbon mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Jawa, karena kitab Primbon ini sudah melekat sekali di kehidupan masyarakat Jawa sejak dulu kala.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata primbon di definisikan sebagai kitab yang berisikan ramalan (perhitungan hari baik, hari nahas, dan sebagainya). Selain itu juga buku yang menghimpun berbagai pengetahuan kejawaan, berisi rumus ilmu gaib (rajah, mantra, doa, tafsir mimpi), sistem bilangan yang pelik untuk menghitung hari mujur untuk mengadakan keselamatan, mendirikan rumah, memulai perjalanan, dan mengurus segala macam kegiatan yang penting, baik bagi perseorangan maupun masyarakat.

Terdapat beraneka macam primbon yang beredar di tanah Jawa sejak tahun 1906, salah satunya yaitu Primbon Sabda Amerta yang akan dibahas kali ini.

Baca Juga: Cara Bayar Beli Bensin Pertalite Pake Aplikasi MyPertamina

Primbon Sabda Amerta merupakan primbon yang berisi ramalam Sabda Amerta yang khusus merincikan ramalah perhitungan waktu atau hari yang berisikan tujuh hari dan lima pasaran weton.

Dalam primbon ini watak seseorang bisa digambarkan berdasarkan perhitungan waktu lahirnya. Berikut penjelasan lengkap mengenai watak berdasarkan hari lahir.

  1. Minggu

Seseorang yang lahir di hari minggu wataknya dipengaruhi oleh peredaran matahari sehingga dipercaya memiliki watak sangat menonjol, berwibawa, dan memiliki rasa kasih yang besar.

  1. Senin

Mereka yang lahir hari selasa dipengaruhi oleh peredaran bulan sehingga memiliki watak ikhlas hati, memiliki kemampuan yang mumpuni, penegak kebenaran dan keadilan, dan mempunyai gaya bicara yang lugas.

  1. Selasa

Orang yang lahir hari selasa wataknya dipengaruhi oleh peredaran api sehingga cenderung suka menghamburkan uang atau boros, suka berbohong, tidak mudah bergaul dan cepat bosan dengan pekerjaannya.

Halaman:

Editor: Anggriawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X