Begini Hukum Wanita Berangkat Haji atau Umroh Tanpa Suami Yang Mendampinginya, Simak Ulasannya

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 14:09 WIB
Hukum Wanita Berangkat Haji atau Umroh tanpa Suami yang menjadi pendampingnya (Instagram : makkah_1441_madinah)
Hukum Wanita Berangkat Haji atau Umroh tanpa Suami yang menjadi pendampingnya (Instagram : makkah_1441_madinah)

HALLO SUKABUMI - Ibadah haji dan umroh adalah saalah satu yang menjadi impian banyak orang untuk bisa berziarah ke Makkah dan Madinah.

Ibadah haji atau umroh adalah salah satu bentuk melaksanakan rukun islam yang nomor 5, yaitu melaksanakan ibadah haji ke baitullah, kepada orang yang mampu untuk ongkos pemberangangkatannya.

Berikut ini adalah soal pertanyaan terkait seorang wanita berangkat haji atau umroh tanpa suami. Bagai mana menurut hukumnya?

Baca Juga: Selepas Pulang Melaksanakan Ibadah Haji dan Umroh, Jangan Lupa Baca Doa ini, Berikut Ulasannya

Seperti di kutip Hallo Sukabumi dari Forum Piss Ktb, Mbah Jenggot menjawab atas persoalan seputar seorang wanita berangkat haji atau umroh tanpa suami yanh mendampingi pasangannya adalah sebagai berikut :

Wa`alaikum salam. Tidak boleh menjadikan lelaki lain menjadi mahram haji bagi seorang perempuan. Ikatan mahram hanya bisa disebabkan oleh hubungan nasab, radla’ atau mushaharah.

Apabila seseorang perempuan tidak mempunyai mahram, maka wajib haji bersama dengan suaminya atau sekelompok wanita yang adil dengan syarat aman dari fitnah.

Baca Juga: Sebelum Ibadah Haji, Harus Paham Teori Pengertian Ibadah Haji, Berikut Penjelasannya

Jika perempuan tersebut tidak mendapatkannya, maka untuk haji fardlu, dia boleh bersamaan dengan seorang perempuan lain yang adil atau seorang lelaki yang tidak punya alat kelamin dan tidak punya shahwat atau sendirian jika dia yakin aman dari fitnah. ( HAJI WAJIB = SENDIRIAN BOLEH JIKA AMAN DARI FITNAH )

Halaman:

Editor: Supandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X