Perbedaan Unik Antara Warga Baduy Dalam dan Warga Baduy Luar

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:58 WIB
Perbedaan antara warga Badut dalam dan Warga Baduy luar (Pixabay )
Perbedaan antara warga Badut dalam dan Warga Baduy luar (Pixabay )

HALLO SUKABUMI - Berkut ini adalah ulasan perbedaan antara warga Baduy dalam dan warga Baduy luar, seperti apa perbedaanya? Mari simak ulasannya.

Secara mendasar, perbedaan antara baduy dalam dan baduy luar bisa dilihat dari segi cara berpakaian dan rumahnya.

Untuk perbedaannya sendiri bisa dilihat dari khas cara berpakaian yang dikenakannya, seperti warga Baduy dalam memakai kain polos putih, jikalau Baduy luar, memakai kain batik biru seperti pemakaian pada ikat kepala.

Baca Juga: Makanan Khas Ini Tidak Boleh Diperjual Belikan Oleh Warga Baduy, Dibuat Hanya 2 Kali Dalam Setahun

Untuk perbedaan lainnya seperti rumah warga Baduy dalam dan Baduy luar, perbedaannya dari segi komponen atau peralataan untuk membangun rumahnya saja.

Secara detail, untuk pembuatan rumah warga Baduy dalam, alat sebagai penguat rumahnya hanya menggunakan tali dan pasak,  tidak menggunakan jenis bahan seperti paku.

Untuk arah rumahnya sendiri, warga Baduy dalam tidak boleh sembarang menghadap, hanya diperbolehkan untuk menghadap utara dan selatan saja, tentunya dengan motif yang sederhana dan hanya satu pintu saja.

Baca Juga: Nyasab Jahe dan Kenjur Kang Akup dan Istri Ulas Keseharian Warga Baduy

Selain itu, hal yang unik lagi dari warga Baduy dalam adalah kebiasaan berjalan kaki, warga Baduy dalam tidak mengizinkan naik kendaraan jika ada keperluan untuk keluar, meski jarak yang ditempuh sangat jauh.

Halaman:

Editor: Supandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X